Percaya diri dan sukses adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Tidak mungkin kita mengatakan seseorang sukses sementara dia tidak percaya diri. Begitu pula kita tidak mungkin mengklaim seseorang gagal jika dia bisa memaksimalkan kepercayaan pada dirinya sendiri.

Percaya diri merupakan faktor utama yang dapat mengantarkan seseorang pada kesuksesan, karena ia mampu menggiring Anda untuk berbuat hal-hal yang positif dalam hidup Anda. Ia akan membantu Anda untuk mempercayai inspirasi dan kreativitas Anda sendiri. Tidak tergantung pada orang lain. Selanjutnya Anda akan percaya bahwa diri Anda mempunyai kehendak yang kuat dalam mewujudkan segala hal yang Anda inginkan, yang pada akhirnya, seluruh hal itu akan mendorong Anda menjadi orang yang sukses.

Dari asumsi tersebut disimpulkan bahwa kesuksesan akan menjadikan rasa percaya diri Anda semakin bertambah. Mengacu pada teori permulaannya ayam dan telur yang masih dipertanyakan manakah yang lebih awal dari keduanya? Maka ini berlaku pula pada kausalitas antara kesuksesan dan rasa percaya diri. Kesuksesan akan melahirkan tambahnya rasa percaya diri dan rasa percaya diri juga merupakan faktor utama yang akan membawa seseorang pada kesuksesan.

Apapun kesimpulannya, tanamkanlah pada diri Anda bahwa usaha untuk memperoleh rasa percaya diri adalah modal untuk meraih kesuksesan. Seberapapun kadar kesuksesan itu. Oleh karena itu, Anda harus menghitung dan meneliti diri Anda sendiri sejauh mana sebenarnya sifat-sifat Anda yang dapat diandalkan untuk meraih kesuksesan.

Para pakar psikologi sepakat bahwa ada lima prinsip yang harus dipegang untuk memperoleh rasa percaya diri. Kelima prinsip tersebut adalah sebagai beriukut:

Pertama: menumbuhkan sifat-sifat positif dalam jiwa Anda yang akan membawa pada kesuksesan.

Artinya dalam waktu yang sama, Anda harus mengikis habis sifat-sifat negatif yang Anda miliki karena sifat-sifat itulah yang akan menjerumuskan Anda pada kegagalan. Tanamkanlah dalam jiwa Anda bahwa sekaranglah waktu yang tepat untuk memperoleh rasa percaya diri. Sejak saat ini, Anda hendaknya berusaha keras untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk diri Anda. Jika Anda berhasil, maka dengan sendirinya kadar rasa percaya diri Anda menjadi bertambah.

Kedua: Anda harus berjalan seimbang. Target yang Anda cita-citakan harus mengacu pada kemampuan dan keahlian yang Anda miliki.

Artinya, untuk mencapai kesuksesan, Anda harus memulai pekerjaan dari hal-hal yang mungkin bisa Anda kerjakan. Karena setiap saat Anda melakukan pekerjaan tersebut, pada saat itulah Anda akan sukses dan kadar rasa percaya diri Anda akan bertambah.

Ketiga: Jika Anda ingin menambah rasa percaya diri Anda ditengah-tengah masyarakat, maka Anda pun tahu bagaimana seharusnya bergaul dengan mereka, sebab mereka akan berbuat baik dan menaruh hormat pada orang-orang yang menghormati dan menghargai mereka.

Mereka akan senantiasa berbuat baik pada orang-orang yang mengasihi dan menyayangi mereka. Mereka akan menaruh perhatian pada orang-orang yang mementingkan kepentingan mereka. Mereka akan merasa senang bersama orang-orang yang riang gembira, optimis, dan ramah. Apakah anda sudah termasuk salah satu dari orang-orang tersebut? Jika belum, maka anda harus berusaha keras untuk menjadi orang yang bertipologi mereka.

Keempat: Anda harus menjaga penampilan Anda dengan baik.

Usahakan agar nada suara, tutur kata, dan etika keseharian Anda terlihat indah dan menarik simpati orang yang melihatnya. Jika Anda mampu mempratktikkan hal itu maka kepercayaan diri Anda akan bertambah. Tenamkanlah dalam jiwa Anda bahwa manusia yang percaya pada dirinya sendiri akan selalu menjaga penampilannya agar senantiasa terlihat baik dan serasi.

Kelima: Anda harus memilih teman-teman yang percaya kepada Anda karena jika Anda menemukan orang yang percaya kepada Anda maka orang terrsebut akan mengangkat derajat Anda sehingga Anda akan lebih percaya diri.

Dalam hal ini ada dua tipe teman yang sebaiknya Anda pilih salah satu dari keduanya, yaitu teman percaya pada dirinya sendiri atau teman yang percaya kepada Anda, namun Apabila dua tipe ini ada dalam satu orang, maka jadikanlah dia sebagai teman sejati Anda. Carilah teman tipe ini sebanyak mungkin agar Anda bisa lebih percaya diri.

Sumber: Luxori, Y. 2004. Percaya Diri. Jakarta Timur: Khalifa.