saat jam di hp-ku menunjukkan pukul 12.18 aku terbangun dari tidur lelapku yang dibuai hujan deras. Hujan pertama yang kujumpai di malam hari di kota Pekanbaru.

belum juga beranjak dari tempat tidur, tiba-tiba satu persatu wajah bocah-bocahku (siswa SD Jampang 04, Bogor) terlintas. bagaimana kabar mereka, batinku. akhirnya kuambil hp-ku dan kuketik sms yang isinya:

UNTUK BISA MENEMUKAN SAMUDERA-SAMUDERA MAKA TERLEBIH DAHULU ENGKAU HARUS BERANI MENINGGALKAN PANTAI…^^

SEMANGAT, SALAM RINDU…

kemudian kukirim ke semua bocahku (tentunya yang kusimpan no hp-nya)

setelah mengirimkan pesan untuk bocah-bocahku ku kirimkan juga pesan untuk teman-temanku. mulai dari teman kuliahku dulu di Fak.Psikologi UNM sampai teman-teman di dunia maya.

oke, selsai….

dengan penuh semangat aku mengerjakan aktivitas yang lain. membaca, bikin RPP, nyetrika, dll…

masih dengan semangat, pukul 05.38 aku meninggalkan rumah untuk jalan-jalan pagi. jaman sekarang udara segar hanya bisa didapatkan di pagi hari, pikirku… kupilih jalan yang belum pernah kulalui sebelumnya (maklum lah, aku pendatang baru di Pekanbaru). pukul 06.30 aku kembali ke rumah. siap-siap ke kantor…

yaaaa aku siap ke kantor.!!

dengan oplet (di tempat asalku disebut pete-pete) hijau ngejreng aku menuju ke kantor yang letaknya tepat di depak kampus Universitas Riau. di perjalanan hp-ku bunyi, oh ada panggilan dari siswaku.

“Halo, Assalamu alaikum…” sapaku

“Waalaikum salam, siapa ini?” jawab suara laki-laki diseberang sana.

wadduh, jangan-jangan nih nomor hp banyaknya Devi-siswaku

“Siapa ini?” tanya sang empunya suara diiseberang sana

“Maaf pak, saya gurunya Devi. kirain ini nomornya Devi” Jawabku pelan

“Ooo… ini bu Linda ya? Bu linda itu salah satu rekan kerja saya waktu mengajar di SD Jampang 04

“Bukan pak. Saya bu Makkita” Jawabku

“Oh, gitu…”

“Maaf ya pak…”

“Iya. Assalamu alaikum” SI bapak langsung mengakhiri pembicaraan.

yaaa ada berapa banyak siswaku yang pake nomor hp bapaknya sewaktu sms atau nelpok aku? gawwat dah, bisa berantem nih bapak-ibu siswaku klo tiba-tiba baca pesan yang pake SALAM RINDU segala, dikirim tengah malam lagi…

ampuuun….