hari ini dilangsungkan acar maulidan di SDN Jampang 04.

alhamdulillah acaranya berlangsung meriah dan sesuai dengan perencanaan. Dalam acara tersebut berbagai penampilan dari siswa-siswa mulai dari siswa kelas I sampai siswa kelas VI. ada yang membaca rukun iman, rukun islam, tilawah, dakwah, rebana, marawis, baca surah al-ikhlas beserta artinya, dan masih banyak lagi…

pada kesempatan itu saya dipercayakan untuk membawakan sedikit materi tentang Sejarah Rasulullah SAW di depan siswa-siswaku, orang tua siswa, da para guru. Jujur saja, saya sedikit bingung menyampaikan materinya soalnya pesertanya heterogen, pusing milih bahasa yang bagus untuk ketiga “golongan” peserta itu.

saya bahagia dan amat terharu menyaksikan aktualisasi diri siswa-siswaku, saking aktualisasi dirinya ada juga yang saling rebut mic pada saat tampil karena ingin suaranya kedengaran (otomatis penonton tertawa melihat perebutan mic mereka :D).

ahhh, siswa-siswaku…. mereka punya banyak potensi, semoga potensi itu terus berkembang dan meng-eksis-kan meraka di tempat mereka berjejak.

hal lain yang membuat saya terharu adalah ketika satu persatu siswa saya mendatangi saya dan bertanya “Ibu… kapan lagi ngajar di kelas kami?” Mereka adalah siswa kelas IV,  seharusnya hari ini saya mengajar IPA di kelas mereka hanya saja karena ada acara maulidan jadi proses pembelajaran hari ini ditiadakan.

“Ibu, jadi kapan lagi kita belajar k9mputer?” Itu pertanyaan dari siswa kelas VI. Besok jadwal saya mengajar komputer di kelas mereka tapi berhubung besok tanggal merah jadi besok kami tidak bisa bertemu dalam pembelajaran itu.

“Ibu…ibu, kelas IV.a dan kelas IV.b, bagusan mana?”

dan saya pun tertawa ketika siswa-siswaku bertanya seperti itu. “Pasti kelas IV.b kan? Mereka kan nulisnya cepat…” Tambah mereka

“Gan ada yang lebih bagus diantaranya. Sama-sama bagus menurut ibu… semuanya hebat-hebat…” dan mereka ber-oo panjang mendengar jawaban dari saya.

waduh, kalian menggemaskan sekali. seolah-olah saya dilimpahi karunia kebahagiaan yang lain dengan keberadaan kalian dalam hidup saya. Saya semakin yakin, jalan yang saya tempuh sudah tepat….

semoga siswaku memiliki masa depan yang cerah, menjadi siswa yang shaleh dan shalehah, berbakti dan mengabdi pada agama dan negara.

bagaimanapun kondisi mereka kelak, mereka tetap kebanggan saya!!!