Bayangkan planet

Tempat semua makhluk adalah Satu

Dan kebahagiaan akan berkembang

Lebih cerah daripada matahari

Apakah Anda juga memperhatikannya? Bahwa pepohonan memberikan pelajaran? Berikut tujuh pelajaran favorit saya:

  1. Berpikir lebih dulu. Meletakkan pohon yang tepat di tempat yang salah atau pohon yang salah di tempat  yang tepat bisa tidak menguntungkan karena bisa memakan biaya besar.
  2. Selalu tidak masalah untuk berubah pikiran. Betapapun tuanya pohon Anda, bahkan meski seratus tahun, tidak pernah terlambat untuk memindahkannya jika Anda benar-benar ingin. Tentu saja akan ada biaya untuk itu, bahkan mungkin biayanya besar, tapi sering kali satu perubahan kecil sederhana bisa menghindarkan kesulitan atau ketidakbahagiaan selama bertahun-tahun atau sepanjang hidup.
  3. Sedikit perawatan memberi banyak manfaat. Bahkan hal itu bisa menggandakan tingkat pertumbuhan.
  4. Pertumbuhan terjadi secara eksponensial. Sebagai contoh, ambil satu batang kecil pohon yang bisa Anda beli di tempat pembibitan lokal. Dengan sedikit perawatan, pada akhir tahun pertama Anda akan memiliki pohon setinggi satu meter lebih. Namun, pada akhir tahun kesepuluh, batang kecil pohon Anda itu akan memiliki setidaknya seratus cabang utama, masing-masing darinya akan tumbuh setidaknya satu meter, memberi Anda pohon setinggi seratus meter hanya dalam satu tahun itu! Kesetaraannya dalam kehidupan pun jelas. Hal itu berlaku dalam segala hal yang Anda lakukan. Kehidupan memberikan imbalan terhadap usaha secara eksponensial.
  5. Memulai adalah bagian paling sulit. Saat menatap tanah gersang mana pun, jelas sulit membayangkan suatu hari tempat itu  akan ditumbuhi pepohonan, hingga Anda mulai menanam. Kemudian, jelas sulit membayangkan melihat kebalikannya.
  6. Lakukan diversifikasi. Jika di kebun hanya menanam satu pohon kecil dan tahun demi tahun Anda mengurus dan merawatnya. Anda akan hancur seandainya pohon itu roboh dihantam petir atau badai. Sementara jika Anda menanam beberapa pohon setiap tahun, hilangnya satu pohon, atau bahkan beberapa pohon, akan tidak setraumatis kehilangan satu-satunya pohon yang Anda punya. Diversifikasikan segala sesuatu. Mudah, kok.
  7. Hadapi. Anda tidak pernah mendengar sebatang pohon merengek atau mengeluh atau mengasihani dirinya sendiri. Anda juga tidak pernah melihat sebatang pohon lari dari masalahnya. Kita pun mestinya begitu. Bukan berarti kita harus memasukkan tantangan ke dalam kehidupan kita, tetapi kita benar-benar perlu menghadapinya demi menghasilkan perubahan.

Ada jauh lebih banyak lagi! Pohon menekuk, tidak pernah berhenti tumbuh, berubah bersama musim…

Sumber: Mike Dooley dalam bukunya BAHAGIA ITU PILIHAN