“Bukanlah kewajibanmu menjadikan mereka

mendapat petunjuk, akan tetapi Allah lah yang memberi petunjuk…”

(Al-Baqarah:272)

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan pelajaran, antara lain:

Buat Materi Semenarik Mungkin

Pilihlah materi yang menarik minat siswa dari awal sampai akhir belajar. Berarti materinya harus up to date dan multisensori. Up to date artinya terkini dan terpenting. Siapkan materi yang akan disampaikan dengan nilai terkini mungkin. Indikasinya informasi tersebut belum pernah dikonsumsi oleh peserta didik atau bahkan guru sekalipun.

Multisensori artinya dengan berbagai cara dan menggunakan berbagai modalitas. Mengingat bahwa seseorang akan belajar sesuai dengan modalitasnya, maka bahan dasar materi harus mewakili modalitas semua peserta didik. Itu artinya materi ada yang mengandung unsur visual, unsur suara, dan unsur gerak.

Buat Materi Semenantang Mungkin

Menantang berarti ada nilai kepuasan setelah menyelesaikan suatu kesulitan atau hambatan tertentu. Bagi seorang guru, sangat penting untuk mempersiapkan materinya semenantang mungkin bagi para siswanya. Materi tersebut haruslah sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Sesuai kebutuhan mengandung arti sesuai dengan minat dan harapan peminat.

Buat Materi Semudah Mungkin

Organisirlah materi sampai selengkap-lengkapnya. Berarti materinya mesti mudah, detail, dan sederhana.

Sederhana artinya dari sudut bahasa mudah dimengerti dan selalu menggunakan contoh konkret. Penggunaan bahasa yang terlalu tinggi juga sama buruknya dengan menggunakan bahasa yang terlalu mudah. Selalu sesuaikanlah dengan kapasitas peserta didik.

Anda tidak butuh sesuatu yang baru untuk sukses kecuali membutuhkan cara baru yang lebih baik dalam menggunakan apa yang sudah Anda miliki.

Earl Nightingale

 

Sumber:

Tea, Taufik. 2009. Inspiring Teaching; Mendidik Penuh Inspirasi. Jakarta: Gema Insani