assalamu alaikum…

HAI…

perkenalkan namaku Musyarrafah DM, aku anak ke dua dari tujuh bersaudara.

waktu kecil aku diberi nama Musyarrafah Saad Rasyid DM oleh orang tuaku.

Saad Rasyid Daeng Makkita  itu adalah nama abbaku (baca: ayah).

namun kemudian karena pertimbangan bahwa sangat sulit bagiku di usia kanak-kanak menulis nama sepanjang itu makanya namaku kemudian dipangkas menjadi Musyarrafah DM saja, tragis… setelah ijazah SD ku keluar nama ku yang tertera di ijazah tersebut hanya MUSYARRAFAH.

huuh, sungguh diriku saat itu tidak merasa bahwa perubahan nama tersebut akan berdampak sedikit buruk pada diriku dimasa mendatang, hehe…

contohnya saja…

pertama, akte kelahiranku yang bertulis nama MUSYARRAFAH DM harus diubah menyesuaikan namaku yang ada di ijazah.

kedua, pada kartu keluarga nama saudara-saudaraku diikuti dengan “DM”, tapi namaku tidak😦 (kesannya seolah-olah aku itu anak pungut, hiks hiks hiks)

ketiga, pada waktu aku mengurus KTP petugas bertanya kepadaku “Maaf, ada yang perlu diubah pada kartu keluarga?” Aku heran loh kok kenapa petugas menanyakan itu ya…

“Oh, gak ada kok pak”

“Namanya sudah betul ya?” tanya petugas itu lagi

“Eh, iya. Sudah benar”

dengan perasaan penuh tanda tanya aku menatap kartu keluarga (KK) yanga ada digenggamanku. jangan-jangan ada yang salah dengan namaku. ku eja satu persatu daftar nama dalam KK tersebut.

M. Saad Rasyid DM

Nurlina

Hadi Mundzir DM

Musyarrafah

Mukrimah DM

Muhtadi DM

Muzhadi DM

Ahmad Muntazar DM

Muammar Kaddafi DM

pemirsa yang budiman, apakah anda melihat sesuatu yang ganjil?

😦

nama saudaraku diikuti dengan DM sedang namaku tidak. aku baru mengerti maksud pertanyaan dari petugas tersebut, aaaahhhh sebbeeelll deh…!!!

okeeee kita selsai di bagian nama🙂

Afah…

itu  panggilanku sejak kecil. tapi aku punya banyak nama panggilan yang lain..

waktu SMA, teman-teman memanggilku “Afra”

waktu Kuliah Kerja Nyata, aku diberikan panggilan kesayangan “Eng” (panjang ceritanya… dan aku rasa aku gak perlu bahasakan di sini)

teman-temanku di FOSMA 165 sul-sel memanggilku “Avatar” atau “What-what”

ada juga yang memanggilku “Nabiha”

ada juga yang memanggilku “Oppi”

dan yang paling kusukai adalah panggilan dari om saya, apa itu…??? tedeeeeng “Opa” hahaha… terinspirasi dari kisah ipin-upin😀

jadi kawand, kalian mau memanggilku dengan nama yang mana? terserah deh tapi jangan panggil “Opa” atau “Oppi” ya karena dua nama tersebut sudah dipatenkan, hehe…

Tempat Lahir…

aku lahir di sebuah pulau yang sangat indah. Pulau Sembilan namanya, yang terletak di Sulawesi selatan, kabupaten Sinjai Kecamatan Pulau Sembilan.

aku tumbuh di sana sampe usia 12 tahun. setelah menginjak usia 12 tahun aku berhijrah ke sinjai utara untuk melanjutkan sekolah tingkat SMP (berhubung pada saat itu belum ada sekolah tingkat SMP di Pulau Sembilan).

aku memilih SMP Neg 2 Sinjai utara yang merupakan sekolah unggulan di sana. setelah menginjak kelas dua cawu dua, aku pindah ke pesantren Istiqamah. di sana aku sekolah selama kurang lebih enam bulan, kemudian pindah lagi ke MTS Syiar Islam. di sana aku sekolah sampe menginjak kelas satu SMA.

karena aku punya cita-cita yang tinggi (cieeeee….) dan aku merasa bahwa potensiku gak akan bisa berkembang jika aku terus di syiar islam akhirnya aku memutuskan untuk mendaftar di SMA Neg 1 Sinjai Utara yang juga merupakan sekolah unggulan pada saat itu (tau dehh sekarang…). alhamdulillah aku lulus dan betah bersekolah di sana selama 3 tahun.

tahun 2006, aku lulus di Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar dengan bebas tes…

pada saat menempuh pendidikan di UNM, aku terlibat diberbagai organisai. tahun pertama kuliah, aku direktrut menjadi pengurus di Forum Study Islam Psychology-Fak.Psi UNM sebagai anggota Departemen Pembinaan. Tahun berikutnya aku diutus oleh teman-teman angkatanku untuk mewakili mereka di MAPERWA tapi kemudian ketua BEM terpilih pada saat itu menginginkan aku untuk membantunya di BEM sebagai Sekretaris Bidang Pengembangan Potensi Mahasiswa. Tahun ketiga, aku masih di BEM dengan jabatan Ketua Bidang Pengaderan. Tahun Selanjutnya aku kembali mengabdikan diri di FSI-Fak.Psi.

selama kuliah, aku juga menjadi anggota non formal Lembaga Penelitian Mahasiswa PENALARAN UNM, juga menjadi pengurus di FOSMA (Forum Silaturahim Mahasiswa) Sul-sel dan komsat UNM selama tiga periode. Alhamdulillah, dengan segudang kesibukan di kampus aku tetap bisa menjalani perkuliahan dengan baik🙂

tahun 2010 bulan November tanggal 30, aku berhasil menyelesaikan studiku di UNM dengan IPK 3, 38 dengan mempersembahkan sebuah hasil penelitian yang berjudul EFEKTIVITAS PELATIHAN SELF-EFFICACY UNTUK MENGURANGI KECURANGAN AKADEMIK PADA SISWA SMA NEG 1 SINJAI.

tidak lama setelah menyelesaikan studi, akhir bulan 12 aku mendapat info lowongan kerja sebagai guru model di LPI-Dompet Dhuafa. akupun mencoba untuk mendaftar pun dengan berkas yang tidak memenuhi syarat kelengkapan, hehe (nekad aja….)

alhamdulillah aku lulus dengan 9 orang teman lainya yang berasal dari berbagai universitas yang ada di Makassar. kami kemudian diberikan pelatihan selama dua bulan di Bogor bersama dengan beberapa teman lainnya yang berasal dari beberapa propinsi di Indonesia.

nah, kawand-kawand sekarang aku ada di Bogor untuk mengikuti pelatihan tersebut… Insyaallah seminggu lagi pelatihannya akan selsai dan aku beserta teman-teman yang lain akan digiring ke jabodetabek untuk magang.

kesukaan…

paling suka bilang “bosan”

yup… karena tidak begitu menyukai sesuatu yang monoton sehingga kesukaan pun selalu berganti-ganti.

klo ditanya nih soal hobby, maka jawabannya bersifat situasional… maksudnya hobby pada saat itu juga.

klo lagi senang-senangnya membaca maka aku akan menjawab klo hobbyku membaca

klo lagi senang-senangnya menulis maka aku akan menjawab hobbyku menulis

klo lagi senang-senangnya chating maka aku akan menjawab hobbyku chating

klo lagi senang-senangnya menggambar maka aku akan menjawab hobbyku menggambar

klo lagi senang-senangnya jalan-jalan maka aku akan menjawab hobbyku jalan-jalan

klo lagi senang-senangnya belajar maka aku akan menjawab hobbyku belajar

naaaa… apakah hobbyku? sekaraaaaanggg hobbyku adalah menulis dan ngeblog😀

hehehe… seperti itulah jangan puyeng yuaaaa..

hemmm…. semoga kita bisa menjalin pertemanan yang manis n_____n

wassalam…