Tags

Insyaallah Idhul Adha tahun ini jatuh pada tgl 16 Nov 2010. Itu berarti 4 hari lagi hari itu akan tiba…

Harusnya saya bahagia karena sebentar lagi, jika Allah menghendaki saya akan berjumpa dengan hari istimewa itu. Hari yang mengingatkan Kejadian yang menyejarah ketika seorang Ibrahim as diperintahkan untuk menyembelih Ismail as yang masih kanak-kanak waktu itu. Kejadian yang mengajarkan umat untuk menyembelih cinta pada dunia dan mengokohkan cinta kepada Ilahi.

 

Harusnya saya bahagia… Tapi ada kejadian lain yang membuat hatiku pedih. Tepat di hari idul adha tahun lalu kakek saya menghembuskan napas terakhirnya di depan mata saya. Sungguh saya tidak pernah menduga bahwa itu adalah hari terakhir saya melihatnya menatap mata-mata orang yang dikasihinya. Dia mencari cucunya yang tidak ada di bilik rumah sakit itu. Harusnya saya tahu bahwa itu adalah isyarat bahwa dia akan menghilang dari pandangan kami untuk selamanya.

 

Ya Allah, saya benar-benar tidak bisa melupakan hari dimana serombongan dokter memanggil saya dan menjelaskan keadaan kakek saya. Mereka mengatakan bahwa ada masalah kronis dg paru-paru kakek yg membuat kakek saya tdk bisa lagi bernapas dengan nyaman. Setiap kali dia menghela napas saya melihat di wajah keriputnya ada rasa sakit yang luar biasa. Duhai Allah saya hanya bisa menelan air mata dan menggantinya dengan senyuman agar semua orang tidak berputus asa. Agar kakek punya kekuatan hingga ajal menyapanya.

 

Ya Allah, Engkau telah mengumpulkan semua kakek saya di sisi Mu. Terangi dan lapangkan kubur mereka.

 

Kakek, malam ini saya mengirimkan Al-fatihah untuk kalian. Semoga bisa memberi secercah cahaya di tempat peristirahatan kalian. Salam sayang